Jumat, 23 Desember 2011

Baksos BSMI 2011

Bismillahirrohmanirrohiim

Rabu, 21 Desember 2011

Malam Rabunya tiba-tiba saya mendapat telpon dari teh Hani FKG 2006, yang sempat dikenalkan dengan saya karena dulu teh Hani ini ngekos ditempat yang sama dengan saya. Namun sekarang karena beliau sudah co ass di RSGM Sekeloa, teh Hani tinggal di rumahnya sendiri yang berada di Lembang. Ternyata beliau menelpon saya untuk mengajak saya mengikuti baksos. Saya tertarik dan juga agak malu untuk menolak ajakan tersebut. Hingga jadilah saya mengikuti baksos itu. Saya ajak teman kosan saya, yang juga anak FKG 2011 Husna. Makasih banyak Husna udah mau ikut nemenin hhe:)

Saya cukup penasaran dengan baksos tersebut. Akhirnya saya tanya siapa pelaksana baksos itu. Teh Hani bilang itu yang ngadain BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) bekerja sama dengan ertamina dan diadakan di SDN Kamojang, Bandung. Saya kaget, dan saat itu juga saya langsung banyak tanya sama Erni yang lebih berpengalaman karena dia anak Volunteer Doctor (Vol-D). Saya bilang kalau dia besok ga ada TOEFL saya ajakin deh. Akibatnya ketika tanggal 21 Desember hari H (yang mendadak sekali tanpa banyak persiapan dan diberitahukan H-1) saya banyak minta maaf sama teh Hani, "Maaf ya teh, kita belum pengalaman.", "Ga papa yang penting kalian bisa belajar dari sini." Ah teh Hani, baik sekali. Doakan saya supaya bisa menjadi teh Hani di 2011 ya teh;)

Acara pertama adalah penyuluhan, awalnya udah disiapin ppt tapi ga jadi katanya mau pake flip chart yang saya pegang. Tapi akhirnya tetep pake ppt:)


Acara berlanjut ke acara kedua, yaitu gosok gigi bersama. Terus kita cari yang gosok gigi paling bersih nanti dapet doorprize. Berhubung saya megang anak-anak kelas I SD. Saya juga yang nunjuk pemilik gigi terbersih buat kelas I nya. Tapi sayangnya saya ga foto sama pemilik gigi terbersih tersebut karena ada adek kecil yang punya mata bagus banget bulet dan coklat, tapi giginya ga terlalu bagus. Akhirnya kita foto bareng. Makasih adek, ayo putih-putihan gigi sama teteh:)

Dan acara terakhir yaitu periksa gigi gratis, saya menjadi bagian meja pendaftaran. Banyak adik-adik yang takut diperiksa giginya gara-gara ngeliat gigi temennya dicabut. Saya cuman bilang "Kalau giginya bagus dan ga ada yang goyang ga akan dicabut ko". Well, rayuan saya maut juga dan ngebuat adik-adiknya pada berani maju ke operatornya. Ada drg.Iting, teh Hani FKG 2006, dan kang Indra FKG 2004. Ah, ngeliat akang-teteh pada meriksain gigi anak-anak, jadi pengen ambil spesialis konservasi Gigi Anak euy.

Pelajaran yang saya ambil dari Baksos BSMI banyak sekali, diantaranya:
1. Setiap anak Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan dimanapun mereka berada, baik di pedesaan maupun di perkotaan.
2. Pengabdian pada masyrakat itu memiliki kepuasan yang tidak bisa diungkapkan, terutama kepuasan di hati.
3. Setiap perusahaan yang beroperasi di  suatu daerah wajib mengembangkan daerah tersebut, baik dari pendidikan, kesehatan, dll.
4. Dokter maupun dokter gigi dalam melaksanakan profesinya harus dilandasi keikhlasan.
5. Kalau nanti suami saya dokter, saya mau ngadain pemeriksaan kesehatan buat baksos bareng hhe:)

Selesai dari acara tersebut, saya kaget karena diberi amplop oleh teh Dirun, salah satu kakak yang juga mengikuti baksos tersebut. Alhamdulillah, dan ini gaji pertama saya sebagai mahasiswa kedokteran gigi.


Namun, pada akhirnya tetap dalam profesi kesehatan itu kita harus mengutamakan keikhlasan.
Ya, insya Allah.

1 komentar:

  1. assalamualaikum, maaf sebelumnya mba, bisa saya minta materi flipchartnya?? maksih sebelumnya mba,,, alnya sy mw sosialisasi di daerah sy jg mba,,,,

    BalasHapus