Jumat, 06 Juli 2012

SOCA!

Bismillahirrohmanirrohiim

SOCA
Alhamdulillah hari ini saya dan teman-teman FKG Unpad 2011 ujian parasitologi dalam bentuk SOCA (Student Oral Case Analysis) bentuknya seperti presentasi dengan alur kita diisolasi di suatu ruangan untuk menunggu berlanjut dengan menulis kasus yang telah kita analisis di flipchart. Lalu dipresentasikan di depan 2 dokter dalam suatu ruangan, dan senangnya aturannya adalah dokter tersebut menyimak dan tidak diperbolehkan untuk bertanya. Berbeda dengan FK yang tulisan SOOCA nya memiliki huruf O kedua yaitu Objectif. Mungkin dikarenakan dalam ujian tersebut sangat berpengaruh dosen sehingga tidak ada O untuk Objectif.

Saat melihat kasus yang tertera adalah Allahhu akbar, itu bukan merupakan cacing yang saya pelajari selama persiapan SOCA, namun dengan sisa-sisa ingatan setelah UAS kemarin saya menulis analisis, bismillah. Kemudian selama presentasi di depan drg Ervin (dokter matkul Fisiologi) dan drg Winny (dokter matkul histologi) tidak ada pertanyaan sama sekali. Saat akan berbicara, saya ingat ketika belajar bersama tadi malam bersama Erni, Husna, dan Ifah. Saya sangat menyukai gaya berbicara Husna yang tenang dalam latihan presentasi kemarin. Akhirnya saya mencoba untuk mengikutinya, tapi lama-kelamaan kembali saya berbicara agak cepat dan karena waktu tersisa masih agak lama drg winny menggunakan sisa waktu tersebut dengan bertanya. Entah kenapa saat ditanya dan saya tidak mengetahui jawabannya, saya bilang tidak tahu. Satu pertanyaan yang saya tidak bisa jawab, dan satu pertanyaan lagi hanya tahu bagian depannya saja:( Dan saat pemberitahuan nilai terdapat sedikit percakapan antara saya dan drg Ervin dan drg Winny:
E : "Kamu ngulang ya, nilai kamu 60."
H : "Oh iya dok" (pasrah karena memang saya tidak mempelajari cacing tersebut)
E + W :  tertawa
E : " Ga ko, kamu lulus. Nilainya 80,5 mau ga?"
H : " Mau dok:)"
E : " Coba tadi pertanyaan saya, lesi di sudut bibir namanya apa?"
H : " Ga tau dok"
E : " Padahal tadi sudah saya bilang 2 kali loh!"
H : " Saya memang begitu dok, kalau hanya mendengar tidak bisa langsung ingat. Harus ditulis"
E :" Ya, kalau kamu punya waktu jangan lupa ke dokter THT"
H : " Sudah ko dok"
E : " Lalu apa kata dokternya?" (sambil tertawa dan drg Winny pun tertawa juga!)
H : " Telinga saya normal ko dok"
E : " Kalau bukan telinganya yang salah, berarti otak kamu yang salah."

setengah tertawa, setengah sedih.
Gak serius kan ya dok? :p


Alhamdulillah lulus, dengan nilai 80,5 yang masih terangkum kelompok A.
Saya nazar kalau lulus SOCA akan donor darah hari minggu ini.
Bismillah, semoga darah saya bermanfaat! (Baru pertama kali loh donor darah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar