Rabu, 20 Agustus 2014

Indofood Leadership Camp (Part II)

Bismillahirrohmanirrohiim

Melanjutkan cerita pengalaman saya 9 hari bersama teman-teman terpilih dari UI, ITB, UNPAD, UGM, UNDIP, UNAND, USU, ITS di Akademi Militer Magelang dalam Indofood Leadership Camp.

Saya dan teman-teman regional Bandung berangkat dari stasiun Bandung pukul 9 malam. Sampai disana sekitar jam 7 pagi, kami langsung bergegas mengganti baju dengan kaos resmi untuk pelatihan. Lalu kami naik truk TNI AD menuju PT Indofood di Yogyakarta. Setelah sampai, kami berbaris untuk dibagi perkelompok untuk tour di sana. Mulanya aku berbaris bersama teman2 dari Unpad, kemudian setelah dibagi-bagi akhirnya saya sendiri yang terpisah dari universitas saya, dan bergabung bersama teman-teman dari USU dan IPB. Mulanya saya sedikit khawatir dan ternyata mereka semua teman-teman yang baik. Setelah tour selesai, sekitar jam 12 siang kami melanjutkan perjalanan ke Akademi Militer (AKMIL) di Magelang untuk acara intinya, yaitu Leadership Camp.

Sekitar jam 2 siang kami sudah sampai di Akmil. Kami langsung bergegas menurunkan barang-barang kami dengan diberi waktu 10 menit. Saya sudah melihat bahwa mulai hari ini kami akan dilatih dengan mental TNI AD karena yang membunyikan peluit untuk memberikan waktu adalah anggota TNI disana. Setelah menyimpan barang-barang, kami mengadakan upacara pembukaan BISMA Leadership Camp BATCH 6 yang dipimpin oleh wakil ketua pimpinan akmil. Setelah itu kami makan siang dengan gaya ala militer juga tentunya. Diawali dengan berdoa menurut agama masing-masing, ucapan selamat makan, setelah makanan selesai mengembalikan peralatan makanan ke tempat semula, kemudian ucapan terimakasih. Proses makan gaya militer seperti ini diterapkan selama 9 hari.

Suasana Upacara Pembukaan  BISMA Leadership Camp BATCH 6

Selama disana, kami banyak mendapatkan materi-materi tentang kepemimpinan, meliputi: Peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan dengan wawasan kebangsaan, Leadership: Pengenalan diri dan pembangunan karakter, Kepemimpinan Lapangan, Wawasan kebangsaan, How to Fight, Psikologi kepemimpinan, dll. Hal yang paling seru adalah penerapan How to Fight di lapangan pada hari kedelapan. Dimana kita diajarkan untuk bertahan dengan segala keterbatasan. Pagi harinya kami membaca kompas sambil mencari arah, kemudian menaiki bukit. Dilanjut pada malam harinya kami tidur di atas bukit dengan kondisi terbuka, hanya dengan matras dan pakaian yang sedang dipakai. Setengah malam berlangsung lancar, karena mungkin malam hari lapar tidak terlalu saya rasakan. Sekitar jam 2 kami dibanguni untuk makan ubi sambil mengelilingi api unggun. Kata pelatih ada beberapa teman kita yang bangun kemudian merasa kelaparan dan meminta untuk disediakan sesuatu. Lucu juga sih, katanya How to Fight...

Persiapan Menaiki Bukit untuk Penerapan Ilmu How to Fight

Setelah sholat shubuh, kami menuruni bukit. Diikuti adanya abu gunung yang turun, katanya abu itu berasal dari gunung Kidul di Jawa Tengah. Medan untuk turun tidaklah mudah kawan, debu yang diiringi dengan rintik hujan membuat turunan bukit yang berasal dari tanah licin. Aku hampir saja terjatuh, tapi temanku bisa menahannya padahal badan temanku itu lebih kecil dari badanku. Sesampainya kami di basecamp, kami sarapan kemudian acara yang direncanakan sebelumnya untuk ikut kerjabakti bersama rakyat sekitar, akibat debu vulkanik dibatalkan. Kami langsung menuju Akademi Militer menggunakan truk TNI. Malam harinya merupakan malam perpisahan, setelah ada beberapa tampilan dari teman kami mengikuti sesi mencium sang saka merah-putih. Rasanya hikmat sekali.

Esoknya adalah hari terakhir kami di Akmil. Paginya kami melaksanakan upacara penutupan yang dipimpin oleh Gubernur Akmil. Setelah itu kami mempersiapkan kepulangan. Kepulangan kami masih diiringi turunnya debu dari gunung Kidul. Terimakasih banyak kepada Karya Salemba Empat Foundation, PT. Indofood Sukser Makmur, dan Akademi Militer Magelang pengalaman 9 hari yang tidak akan tergantikan.

Pleton 2B di acara sesi Penutupan bersama Gubernur Akmil Magelang

Salam rindu untuk teman-teman BISMA BATCH 6 Nusantara, semoga bisa berkumpul lagi insya Allah:)